Wednesday, April 24, 2013

Apa itu Golden Week (Minggu Emas) Golden Week, Informasi, Jepang, Ōgata renkyū


Apa itu Golden Week (Minggu Emas)




Golden Week atau Minggu Emas atau dalam Bahasa Jepang ゴールデンウィーク adalah sebuah event atau kegiatan atau penamaan mingguan tahunan di Jepang. Di China juga dikenal adanya Golden Ween/Minggu Emas. Golden Week ini mulai diterapkan di Jepang setelah pemerintah menetapkan undang-undang hari libur pada tahun 1948. Golden Week/Minggu Emas di jepang ini terjadi di Akhir Bulan April-Awal Mei. Pada minggu ini biasanya tempat wisata dan juga area hiburan seperti Bioskop akan kebanjiran penonton.


Ini adalah Tulisan semacam Wiki sisi2 lain Naruto; Banyak yang bilang kalau Minggu Emas di Jepang ini adalah Minggu Paling Luar Biasa bagi beberapa Industri Hiburan dijepang seperti Film contohnya karena peningkatan yang luar biasa dari jumlah penontonya.


Bahkan beberapa surat khabar dan NHK sekarang malah tidak menggunakan istilah Golden Week akan tetapi menggunakan penamaan Ōgata renkyū (大型連休) atau bermakna Liburan berurutan skala besar, ada beberapa alasa kenapa Media tidak menggunakan penamaan Golden Week lagi. Salah satunya adalah karena mereka tidak ingin meminjam istilah dalam dunia film. Penulisan yang membutuhkan tempat lebih dan banyak alasan teknis lainnya.


Waktu Golden Week Tepatnya Kapan?



Golden Week Tokyo Jepang

Golden Week Tokyo Jepang



Tepatnya Golden Week atau GW ini adalah Tanggal 29 April – 5 Mei tiap tahun. Dan kadang menjadi lebih panjang kalau ada Hari Kejepit. Sejak Tahun 2007 ini Golden Week terdapat 4 Hari Libur berurutan.



  • Hari Shōwa (29 April)

  • Hari Peringatan Konstitusi (3 Mei)

  • Hari Hijau (4 Mei)

  • Hari Anak-anak (5 Mei)


Selain itu beberapa perusahaan dan industri sering meliburkan diri pada tanggal 1 Mei dalam rangka memperingati Hari Buruh yang dalam Bahasa Jepang  Rōdōsai walaupun hari ini bukan libur resmi di Jepang.


Efeknya Golden Week Apa?


Tentu saja Golden Week ini menjadi hari sibuk bagi jasa transportasi dan pariwisata karena adanya peningkatan jumlah traveller dan juga wisatawan yang ingin menikmati hari2nya.  Pada minggu2 ini kesibukannya bisa setingkan liburan Tahun Baru. Dan tentu saja efeknya adalah harga tiket hotel, paket wisata, pesawat dan lain2 mempunyai harga yang sedikit #istimewa. Bahkan Kereta Cepat Jepang Shinkansen cukup banyak penumpangnya yang harus berdiri.


Jadi itulah kira2 kenapa Cerita Naruto Manga, One Piece, Bleach dan hampir semua Manga dijepang tidak terbit pada Golden Week ini. Jadi sabar yaa menanti Naruto Manga 629.



Apa itu Golden Week (Minggu Emas)

No comments:

Post a Comment